Thursday, May 1, 2008

Pelaksanaan SNAF-08


Alhamdulillah bahwa rangkaian kegiatan Workshop dan Seminar Nasional Aplikasi Fotonika (SNAF-08) dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan jadwal, di kota Surabaya pada tanggal 24 - 25 April 2008. Kesuksesan penyelenggaraan acara ini adalah berkat dukungan serta bantuan dari banyak pihak. Ijinkan penulis, sebagai Ketua Pelaksana (OC) kegiatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak2 yang telah membantu kegiatan SNAF-08 ini pada bagian akhir tulisan.

A. Workshop Aplikasi Fotonika 2008

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Workshop Aplikasi Fotonika, yang berlangsung di Ruang Sidang Jurusan Teknik Fisika - ITS, Gedung C Kampus ITS Sukolilo Surabaya pada tanggal 24 April 2008. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Teknik Fisika - ITS, Dr. Bambang L. Widjiantoro, ST, MT.

Dalam kegiatan ini disampaikan tutorial tentang fundamental concepts tentang laser, penyaluran cahaya dengan menggunakan serat optik, interaksi cahaya dengan tissue biologis, serta aplikasi fotonika dalam bidang pelayanan kesehatan. Selengkapnya para pembicara dalam kegiatan ini adalah :
  1. Ir. Heru Setijono, MSc. (Ka. laboratorium Rekayasa Fotonika, Jurusan Teknik Fisika - ITS)
  2. Ir. Supriyanto, MSc. (Staf dosen Jurusan Teknik Fisika - ITS)
  3. Dr.rer.nat. Ir. Aulia M T Nasution (Staf dosen Jurusan Teknik Fisika - ITS), serta
  4. Dr. Nury Nusdwinuringtyas, MS, Sp. RM (Staf Pengajar pada Jurusan Rehabilitasi Medik, FK - UI)
Dalam acara ini, juga hadir staf Dept Rehabilitasi Medik dari RS Dr. Soetomo Surabaya, yaitu Dr Nuniek, Sp. RM

Beberapa foto tentang kegiatan tersebut dapat dilihat sebagai berikut:































Menyertai acara ini, dipamerkan juga beberapa sampel hologram hasil karya beberapa alumni Jurusan Teknik Fisika ITS yang bekerja di PT Bura Barutama - Kudus, satu-satunya perusahaan penghasil hologram di Indonesia.

Setelah akhir acara Workshop Aplikasi Fotonika, atas keinginan sebahagian perserta, diselenggarakanlah suatu informal meeting, dengan bahasan utama tentang kelanjutan kegiatan untuk menghimpun potensi kerja para pegiat fotonika diseluruh Indonesia. Akhirnya untuk sementara disepakati untuk membentuk suatu Forum Diskusi Fotonika, yaitu berupa suatu forum diskusi melalui milis. Tercatat sekitar 29 alamat email yang berhasil dikumpulkan oleh panitia untuk direalisasikan dalam suatu keanggotaan milis.


B. Seminar Nasional Aplikasi Fotonika 2008

Keesokan harinya, yaitu tanggal 25 April 2008 dilaksanakanlah kegiatan puncak, yaitu Seminar Nasional Aplikasi Fotonika 2008. Kegiatan ini dilangsungkan di Auditorium Gedung Pasca Sarjana ITS. Rangkaian acara pada SNAF ini dibuka secara resmi oleh Rektor ITS: Prof. Ir. Priyo Suprobo, MSc. PhD.

Tepat setelah acara pembukaan oleh Rektor ITS, disampaikan secara simbolis bantuan PT Telkom Indonesia Tbk. , sebagai salah satu bentuk kegiatan Telkom Peduli Pendidikan. Bantuan yang diberikan adalah seperangkat fiber optic splicer untuk keperluan pendidikan di Laboratorium Rekayasa Fotonika Jurusan Teknik Fisika. Bantuan secara simbolis disampaikan oleh Ka Divre 5 PT Telkom: Bp. Ir. Mas'ud Khamid kepada Ketua Jurusan Teknik Fisika - ITS: Bp. Bambang L. Widjiantoro, ST MT, dengan disaksikan oleh seluruh peserta serta undangan yang menghadiri upacara pembukaan SNAF-08.

Rangkaian acara dimulai dengan Plenary Lectures, yang disampaikan dalam bentuk panel. Diskusi dipandu oleh Dr. Ir. Sekartedjo, MSc. (staf senior Jurusan Teknik Fisika - ITS). Keseluruhan terdapat 4 pembicara utama (beserta topik materi yang dipresentasikannya), yaitu:
  1. Prof. Dr. Masbah Rotuanta Tagore Siregar (Deputy Bidang IPTEK - LIPI), menyampaikan paparan tentang arah kebijakan riset nasional, serta peluang untuk riset pengembangan bidang fotonika di Indonesia, khususnya berkaitan dengan aplikasi laser orde femtosecond.
  2. Ir. Mas'ud Khamid (Ka Divre 5 PT Telkom), yang kebetulan adalah alumni Jurusan Teknik Fisika - ITS. Beliau menyampaikan paparan tentang strategi Telkom untuk membangun infrastruktur jaringan komunikasi optik di Indonesia.
  3. Dr. Liek Sari Handikin, Sp. THT (Presiden Ikatan Kedokteran Laser Indonesia - IKLASI). Beliau menyampaikan paparan tentang potensi serta aplikasi laser dan fotonika dalam bidang kedokteran.
  4. Ir. Sunarto (Pura Barutama - Kudus), yang juga alumni jurusan Teknik Fisika - ITS. Beliau menyampaikan paparan tentang potensi aplikasi bidang holografi di industri, serta aktivitas PT Pura Group dalam percaturan bisnis hologram di Indonesia dan manca negara.
Sesi plenary ini dilanjutkan dengan diskusi yang dibuka untuk umum. Bertepatannya penyelenggaraan acara seminar ini dengan tibanya saat ibadah jum'at, mengakibatkan acara sesi pertama seminar ini harus diakhiri tepat pukul 11.40 wib.

Sesi kedua dilanjutkan tepat pukul 13.30 setelah shalat jum'at dan makan siang. Acara ini berupa diskusi tematik yang terbagi atas 5 kelompok paralel. Terdapat keseluruhan sebanyak 52 makalah yang telah diputuskan oleh tim reviewer untuk dapat dipresentasikan dalam kegiatan SNAF-08 kali ini. Acara diskusi paralel ini berlangsung di Gedung Pasca Sarjana ITS serta 2 ruang pada Gedung Perpustakaan Pusat ITS. Makalah-makalah ini diterbitkan dalam Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Fotonika, baik dalam bentuk CD maupun cetak:


Tepat pukul 15.00, rangkaian acara SNAF-08 secara resmi ditutup oleh Ketua Jurusan Teknik Fisika -ITS, dan berakhirlah pula pelaksanaan Workshop dan Seminar Nasional Aplikasi Fotonika (SNAF-08) ini

Ucapan Terima Kasih:

Pada kesempatan ini, atas nama Panitia Pelaksana SNAF-08 kami mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak sebagai berikut:
  1. Pimpinan ITS dan seluruh jajarannya
  2. Anggota Steering Comittee dan Tim Reviewer
  3. Para Pembicara Utama Seminar dan Workhop Aplikasi Fotonika
  4. Para Sponsor yang telah membantu pendanaan kegiatan ini, yaitu:
  • PT Telkom Indonesia, Tbk., Divre 5
  • PT LEN Industri, Bandung
  • PT Pura Group - Kudus
  • PT. Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS)
  • PT Petrokima Gresik
  • PT Mitra Intimarga, serta
  • Korps Alumni Jurusan Teknik Fisika - ITS

Juga atas partisipasi aktif para pegiat fotonika Indonesia, yang telah mengirimkan makalah hasil kerja mereka untuk dipresentasikan dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan seminar ini, panitia melanjutkan untuk mengedarkan formulir pencatatan alamat email, sebagaimana pada kegiatan Workshop sebelumnya. Total alamat email yang tercatat oleh kami panitia pelaksana adalah sebanyak 70 alamat email (termasuk 29 yang kami kumpulkan kemarin harinya). Alamat ini akan dimasukkan dalam keanggotaan Forum diskusi Fotonika Indonesia, yang akan segera dibuka dengan alamat url berikut:



Semoga penyelenggaraan kegiatan kali ini dapat begaung dengan terbentuknya kerjasama yang sinergis diantara pegiat fotonika Indonesia dalam mengembangkan bidang fotonika dan aplikasinya. Dengan cara ini insya Allah kemandirian teknologi bangsa ini dapat segera diraih.

Pengembangan Fotonika untuk menunjang Kemandirian Teknologi


Berikut beberapa foto kegiatan untuk dapat dinikmati bersama:




































No comments: